3 Cara Reset Ulang HP Samsung Galaxy Agar Seperti Baru

 Bagi sebagian besar pengguna smartphone, melakukan factory reset atau reset data ulang dilakukan karena beberapa alasan, seperti mengalami bootloop, kondisi android yang sudah tidak prima, kerusakan perangkat lunak, kadang hp sering restart sendiri(eror) dan masih banyak lainnya.

Factory reset yang di maksutkan yaitu bertujuan untuk mengembalikan smartphone seperti baru lagi. Dengan kata lain semua data-data yang tersimpan dalam memori Internal akan terhapus. Dan smartphone akan tampil dengan kondisi seperti baru lagi. Semua aplikasi bawaan dari hp bisa kembali lagi.

Karena banyaknya pengguna di Indonesia sebagian besar memiliki smartphone type Samsung Galaxy, maka kali ini Samsungen memberikan cara mudah dalam mereset ulang HP Samsung Galaxy agar seperti baru lagi(bawaan pabrik). Bukan cuma pengguna type Samsung Galaxy saja, pengguna smartphone lainnya juga bisa menerapkan cara tips di bawah ini. Oke, langsung ja kita bahas satu-persatu.

1). Melalui Menu Pengaturan Android

Cara paling mudah dalam melakukan reset ulang agar android seperti baru lagi yakni melalui fiturfactory data reset” yang umumnya telah disediakan oleh smartphone android.
Sebelum melakukan langkah ini, pastikan kalau kondisi baterai android yang kamu miliki masih dalam keadaan terisi penuh. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses reset berlangsung. Dan berikut langkah-langkahnya.
  • Pertama, masuk ke menu Settings Pengaturan” di android kamu.
  • Sentuh layar kebawah kemudian pilih Backup and reset”.
  • Kemudian klik Factory data reset”.
  • Lalu klik Reset Device” untuk memulai proses reset data.
  • Tunggu hingga beberapa menit. Lamanya proses reset tergantung banyaknya jumlah data yang bersarang di memori Internal android kamu.
  • Setelah berhasil, biasanya android akan merestart dengan sendirinya.
  •  Dan tunggu sampe hp android kamu benar-benar menyala.

2). Melalui Android System Recovery

Biasanya metode reset ulang melalui recovery mode ini dilakukan oleh pengguna android umumnya apabila mereka tidak bisa menghidupkan ataupun mengakses menu android. Nah, kegagalan saat melakukan booting ketika menghidupkan android sering disebut sebagai bootloop(mati mendadak).
Sebelum memulai untuk melakukan factory reset atau reset ulang melalui metode ini, pastikan kalau baterai yang kamu miliki masih dalam keadaan terisi penuh. Setidaknya kondisi baterai diatas 80%. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses flashing berlangsung nanti.
Recovery Mode Samsung Galaxy
  • Pertama, matikan ponsel android seperti biasa. Dengan menekan tombol “Power” selama beberapa detik, kemudian pilihPower off”.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up Home + Power secara bersamaan dalam beberapa detik.
  • Jika kombinasi tombol yang kamu tekan berhasil, maka seharusnya kamu sudah berada dalam menu Android system recovery.
  • Gunakan Volume Up untuk memilih menu “Wipe data/Factory reset“.
  • Kemudian tekan tombol Home untuk memulai proses reset.Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Selanjutnya pilih lagi menu Reboot System Now.

3. Melalui Kode Rahasia Android

Kenapa disebut kode rahasia? Yap, pasalnya kode yang akan digunakan untuk melakukan factory reset ini belum banyak diketahui oleh pengguna android umumnya. Cara ini juga dinilai cukup praktis dan cepat dalam melakukan reset ulang ponsel android seperti baru lagi.
Factory Reset Melalui Kode Rahasia Android
Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menekan tombol *2767*3855# pada menu keypad. Yang mana nanti kamu akan dibawa ke fungsi Factory Reset.
Fungsi ini bertujuan untuk melakukan reset data ulang atau membuat smartphone android kamu seperti baru lagi dengan kondisi yang masih polos. Perlu kamu ketahui, fungsi tersebut nantinya akan berdampak pada:
  • Menghapus semua data-data yang ada atau tersimpan dalam penyimpanan memori Internal.
  • Semua file yang tersimpan pada memori eksternal atau microSD tidak akan terhapus.
  • Semua aplikasi, game, data, ataupun pengaturan yang kamu terapkan akan terhapus.
  • Meng-install ulang kondisi firmware seperti pertama kali kamu membelinya.
Nah, itulah ketiga metode dalam melakukan reset ulang HP android agar seperti baru lagi, terutama buat kamu yang memiliki smartphone Samsung Galaxy. Silahkan pilih salah satu cara diatas yang menurut kamu paling mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Terimakasih sukses selalu.

Leave a Reply