Cara mudah membeli hp Samsung Second/Bekas

              Cara mudah membeli hp Samsung Second/Bekas


Mulai beberapa tahun terakhir perkembangan smartphone begitu cepat, banyak produk-produk smartphone lain yang bermunculan dipasaran, baik itu yg kelas premium maupun di bawah standar. Karena perkembanganya yang cepat itu, bisa dikatakan setiap tahun mungkin ada ratusan atau jutaan produk smartphone di pasaran, dan setiap smartphone biasanya muncul fitur baru yang membuat orang tertarik membelinya, ada yang niatnya cuma mau sekedar hoby, ada juga yang membeli kerena lagi tren, ada yang emang beli untuk dipakai sehari-hari, dan ada juga yang sekedar gonta-ganti android, jadi setiap ada smartphone tipe baru bawaanya mau beli aja (termasuk ane).

Saya yang sering gonta-ganti gadget, biasanya lebih memilih yang second/bekas. Kenapa yang second? karena harganya jauh lebih murah dari yang baru, tapi inget kita harus pinter saat membeli smartphone second/bekas terutama android. Kali ini saya akan berbagi sedikit trik bagaimana cara memilih smartphone second/bekas produk Samsung. Berikut cara mudah membeli hp Samsung Second/Bekas berdasarkan pengalaman saya:

1. Lihat Kondisi Hp
Maksudnya disini apakah kondisi hp samsung masih mulus atau tidak cacat, dalam hal ini bisa dilihat apakah ada bekas benturan atau goresan. Kalau hanya chrome/ bazel yang sedikit ngelupas asalkan bukan karena kebentur atau jatuh sih tidak masalah menurut saya.
asalkan tidak lecet parah saat kita periksa body/chasingnya.

2. Garansi
Lihat disini apakah hp samsung masih garansi atau sudah tidak bergaransi dengan melihat nota pembelian. Terkadang garansi disini sangat penting untuk sebagian orang, karena apabila terjadi sesuatu pada gadget mereka maka bisa di klaim ke produsen pembuatnya/pabrikan, dalam kasus ini Samsung Service Center. Tolong diperhatikan jangan langsung percaya saja dengan tanggal nota pembelianya.

3. Cek IMEI
Caranya dengan mengetik *#06# pada keypad, maka akan muncul nomor IMEI pada layar hp. Untuk hp single sim akan muncul 1 nomor IMEI, sedangkan untuk yang dual sim akan muncul 2 nomor IMEI. Selanjutnya IMEI yang muncul pada layar kita cocokan pada diskbox hp (sama atau tidak).

4. Cek Standart Hanphone Samsung
Dengan cara mengetik *#0*#, setelah itu akan muncul menu untuk cek antara lain: getar, layar, touch screen, sensor, kamera, speaker dan sebagainya. Sampai pada tahap ini menurut saya kalau langkah 1 dan 2 ini sudah dilalui dan hasilnya cocok, berarti handphone paling tidak masih layak untuk di pakai                                 (sudah di root atau no root).

5. Cek Pada Menu Setting Handphone Samsung

Caranya mudah dengan pilih menu Settings –> About device –> Status –> Device status, apabila masih tertulis “Official” kemungkinan ROM masih bawaan hp, belum root.
Simplenya apabila tertulis seperti itu handphone masih bawaan pabrik

6.Gunakan CPU Identifier
Untuk cek apakah handphone itu asli atau cuma super copy/king copy/tiruan/replica/kw dengan cara membandingkan spesifikasi handphone anda dengan spesifikasi handphone sejenis yang dari pabrikan yang sama, misalnya Spesifikasi Samsung Galaxy J2, kita bandingkan dengan spesikasi resmi handphone tersebut dari situs Samsung sendiri.

                   

7. Root Checker
Untuk mengecek apakah handphone kita sudah root atau masih standar pabrikan.

               Saya sudah bagikan sedikit Cara Mudah Membeli Hp Samsung Second/Bekas. Semoga trik di atas sedikit membantu teman-teman dalam membeli handphone Samsung second/bekas. Langkah diatas tidak menjamin handphone yang anda beli pasti bagus atau layak pakai, saya disini hanya memberi sedikit trik sederhana yang bisa anda lakukan sebelum/sesudah membeli handphone Samsung second/bekas.

juga buat reverensi untuk teman-teman biar tidak ketipu saat membeli handphone Samsung second/bekas.

Dari langkah-langkah diatas, ada beberapa aturan yang juga bisa diterapkan di handphone pabrikan lain, seperti Sony, Oppo, Xiomi, Nokia, Huwai dan sebagainya.
Salam buat pengguna Smartphone second/bekas di luar sana. semoga bermanfaat untuk teman-teman semua jangan lupa kunjungi terus blog kami di http://www.samsungen.com/
Terimakasih

Leave a Reply